Penentuan Angle, Lead, dan Ending Berita

Ditulis oleh: -



Lead
Lead yang dikenal juga dengan teras berita merupakan  alenia pertama dalam sebuah berita. Lead atau kepala berita bekerja sebagai menarik orang untuk membaca berita secara keseluruhan. Tentunya, apa yang tertuang dalam lead mewakili isi berita dan sudut pandang dari sebuah berita. Lead berisi hal utama yang menjadi pembahasan dalam tulisan. Setidaknya dengan membaca lead kita sudah memperoleh apa maksud dari berita yang kita baca.

Siapa (Who), apa (What), dimana (Where), kapan (when) dan  mengapa (Why) adalah lima unsur berita yang paling sering diletakkan dalam lead. Sedangkan unsur bagaimana (How) lebih jarang digunakan karena unsur tersebut akan menjelaskan pokok persoalan yang akan dibahas pada alenia-alenia selanjutnya. Namun, biasanya lead tidak memuat lima unsur itu secara keseluruhan. Lead hanya merangkai dua sampai tiga unsur berita sedangkan unsur lainnya dapat ditemukan pada rangkaian alenia selanjutnya.
Pedoman penulisan lead
Lead yang baik adalah lead yang efisien, yaitu tidak mengobral kata, jelas, dan ringkas. Dianjurkan agar membuat tulisan dalam alenia pendek.
Contoh Lead
Bos Arak berinisial Sn (30) diciduk aparat kepolisian Pontianak Utara, Jumat (19/3) dari rumahnya di Jalan Parit Pangeran.
Keterangan:
Bos arak berinisial Sn (siapa)
Diciduk Polisi Pontianak Utara (apa)
Jumat (19/3) (kapan)
Rumahnya di Jalan Parit Pangeran (di mana)
Sehari sebelum vonis Mahkamah Agung (MA) Sabtu (14/2), ketua umum DPP Partai Golkar ternyata cukup cemas. Usai meresmikan kantor DPD II Golkar Kabupaten Probolinggo, dia minta didoakan para kiai agar vonis yang akan dijatuhkan hari ini bebas.
………………………………………………    

Latihan:
Sebutkan unsur-unsurnya
Tubuh Berita
Tubuh berita berisi pengembangan dari lead. Biasanya berupa penjelasan dari lead. Hasil wawancara biasanya dimasukkan dalam berita. Panjang tubuh berita tidak tetap. Ada tubuh berita yang panjang, namun ada yang pendek. Namun kebanyakan untuk berita langsung tubuh berita cukup pendek. Yang terpenting tubuh berita sudah menyediakan informasi yang cukup sehingga pembaca tidak bertanya-tanya lagi tentang berita yang ditulis.
Hasil wawancara diolah dan kemudian disusun menjadi kalimat-kalimat yang sederhana sampai akhirnya menjadi sebuah paragraf. Setiap detail dari lead mesti bisa kita jelaskan dalam tubuh berita. Mulainya untuk menyusun hasil wawancara secara runtut, dan kemudian menyusun dan mengambil yang kita perlukan dan membuang hasil wawancara yang tidak perlu. Yang perlu diperhatikan adalah, tulisan harus bisa fokus dan tersistematis, sehingga enak dibaca. 
Ending
Pada dasarnya tidak ada kalimat khusus yang menyatakan bahwa sebuah paragraf adalah ending dari tulisan. Biar lebih mudah kita sepakati saja bahwa akhir dari tulisan kita namakan ending. Setelah kita tulis berita mulai dari judul, lead, hingga tubuh berita, kita masih perlu untuk menyempurnakan tulisan dengan manis. Ending  berita  merupakan kesimpulan akhir dari berita yang ditulis. Penulisan ending terbagi dua :
1.   Ending terbuka
Ending ini memberikan kesempatan kepada pembaca untuk menarik kesimpulan sendiri.
Contoh :
a. Apakah kuota tiga puluh persen caleg perempuan dapat terpenuhi?
b. Masa kampanye telah menyumbangkan rejeki yang cukup bagi Parman untuk menghidupi kelima anaknya yang masih kecil-kecil ini.. Akankah setelah kampanye berakhir kelima anaknya harus terlempar ke jalanan lagi?
2.   Ending tertutup
Ending ini tidak memberikan kesempatan pembaca untuk menarik kesimpulan.      
Contoh :
a. Hari itu juga, korban melapor ke Mapoltbes Pontianak.     
b. Usai kampanye, simpatisan dikawal aparat pulang ke rumah masing-masing.
c. Dia tetap bertahan dan memang tak rugi rupanya untuk bertahan, meskipun desas-desus sekitar namanya baru sirna dalam beberapa tahun.
Mengakhiri tulisan bagi seorang penulis lebih mudah daripada memulai tulisan. Kadang perlu waktu berjam-jam untuk mencari kalimat pembuka suatu tulisan. Padahal kalimat awal merupakan kunci. Artinya, tanpa kalimat awal maka tulisan tidak akan bisa dibuat.

0 komentar "Penentuan Angle, Lead, dan Ending Berita", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Silakan anda berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik bahasan...terimakasih
salam hangat...